Selasa, 03 April 2012

KESADARAN MASYARAKAT DALAM KEINDAHAN

Kesadaran akan keindahan itu sangat penting bagi kehidupan kita, terlebih lagi kesadaran akan pentingnya keindahan alam, sebagian manusia sudah sangat sadar akan keindahan alam, mereka mencoba melestarikanya dan melindungi habitanya. Tetapi sebagian dari manusia yang lain hanya memanfaatkan alam tersebut dengan brutal atau merusak tanpa ada usaha untuk memperbaiki nya, seperti penggundulan hutan, membangun hutan-hutan dengan gedung-gedung bertingat tanpa memikirkan keseimbangan dunia ini.
Manusia sebagai penguasa lingkungan hidup di bumi berperan besar dalam menentukan kelestarian lingkungan hidup. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang berakal budi mampu merubah wajah dunia dari pola kehidupan sederhana sampai ke bentuk kehidupan modern seperti sekarang ini. Namun sayang, seringkali apa yang dilakukan manusia tidak diimbangi dengan pemikiran akan masa depan kehidupan generasi berikutnya. Banyak kemajuan yang diraih oleh manusia membawa dampak buruk terhadap kelangsungan lingkungan hidup.
Beberapa bentuk kerusakan lingkungan hidup karena faktor manusia, antara lain:
a. Terjadinya pencemaran (pencemaran udara, air, tanah, dan suara) sebagai dampak adanya kawasan industri.
b. Terjadinya banjir, sebagai dampak buruknya drainase atau sistem pembuangan air dan kesalahan dalam menjaga daerah aliran sungai dan dampak pengrusakan hutan.
c. Terjadinya tanah longsor, sebagai dampak langsung dari rusaknya hutan.
Beberapa ulah manusia yang baik secara langsung maupun tidak langsung membawa dampak pada kerusakan lingkungan hidup antara lain:
a. Penebangan hutan secara liar (penggundulan hutan).
b. Perburuan liar.
c. Merusak hutan bakau.
d. Penimbunan rawa-rawa untuk pemukiman.
e. Pembuangan sampah di sembarang tempat.
f. Bangunan liar di daerah aliran sungai (DAS).
g. Pemanfaatan sumber daya alam secara berlebihan di luar batas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar